Monday, August 01, 2011

Say no to BEJ!

BEJ, merupakan singkatan dari Blaming, Excuse dan Justify. 3 sikap ini adalah penghambat anda untuk maju!, Pengertian maju dalam hal ini adalah peningkatan taraf hidup anda dalam segi ilmu dan rejeki.

Ketiga budaya negatif dari masyarakat yang berulang kali terjadi sejak dulu hingga saat ini, dan belakangan ini sering saya lihat di negri ini. Penjelasan singkat disertai contoh mudah dapat dilihat dibawah ini :

Blaming yang artinya adalah menyalahkan, merupakan salah satu sifat manusia yang berupaya menghindar dari kemajuan hidup dengan menyalahkan orang lain ataupun benda.
Contohnya :
1. Saya gagal rangking satu dikelas, gara-gara guru tidak mengajar dengan benar. Padahal temannya yang rangking satu diajar oleh guru yang sama.
2. Saya gagal menang lomba balap karung, karena lintasan yang buruk. Padahal peserta lain melewati lintasan yang sama

Excuse, menciptakan banyak alasan
Contoh nya :
Saya gagal rangking kelas karena memang tidak mau rangking satu, karena saya rendah hati, karena saya malas rangking satu, dsb

Justify, pembenaran. Membenarkan sesuatu yang belum tentu benar.
Contohnya :
1. Teman saya rangking satu karena dia ikut bimbingan belajar. Padahal toh kita juga bisa rangking satu walaupun tanpa bimbel.
2. si A bisa beli mobil, karena bapaknya orang kaya. Padahal belum tentu si A membeli mobil dari duit bapaknya
3. si B tidak bisa bekerja jadi teknisi mobil karena latar belakang pendidikannya adalah akuntansi. Padahal si B bisa mengambil kursus mobil ataupun belajar utak-atik mobil sendiri lalu bisa menjadi teknisi mobil

Mudah2an contoh diatas bisa dimengerti dan diambil maknanya dalam kehidupan kita sehari-hari

Ayo, Mulai saat ini, say no untuk BEJ! dan Say yes untuk selangkah lebih maju!..

2 comments:

Anonymous said...

:D setuujuuuuu! Say no to BEJ! emang harus bisa memulai dari diri sendiri ya bok :) Kadang hal-hal semacam BEJ ini yang udah terlalu sering terjadi di keseharian, jadi dianggap biasa dan no big deal, padahal sikap2 ini yang membuat orang jadi ngga punya rasa tanggung jawab atas dirinya sendiri.. say no to BEJ untuk generasi yang memajukan bangsa, yeaaghh! :P btw gimana rasanya puasa di negeri orang bok? :D

Ananto Veryadesa said...

hihih benerrrr bener.. tapi bukan BEJ yang di senayan nih yah, hehehe...
Puasa, huhuh.. puanaaas sekaliii.. help mee, dehidrasi.. *eh kok jadi iklan mizone