Wednesday, July 27, 2011

Passion adalah kombinasi pleasure, meaning and emotion

Passion adalah kombinasi antara kenikmatan, makna dan perasaan.

Passion is a combination of pleasure and meaning, terinspirasi dari persentasi rene suhardono dalam www.tedjkt.org & Why people do what they do nya anthony robbins dalam www.ted.com

Banyak dari kita salah kaprah mengartikan passion hanya berupa kenikmatan saja. Tapi melupakan sisi makna dan emotion. Padahal sesuatu yang kita lakukan itu tidak ada artinya apabila tidak bermakna dan tidak ada perasaan dalam melakukannya. Pleasure dalam hal ini adalah kenikmatan bagi panca indera, seperti mata, lidah dan lainnya. Meaning berhubungan dengan kepercayaan atau believe seseorang, yang jika dikaji lebih dalam lagi adalah kepercayaan terhadap Tuhan. Emotion dalam hal ini adalah perasaaan kita dalam menjalaninya.

Para bapak-bapak sering berkata “saya bekerja banting tulang demi menafkahi keluarga dan rela mengorbankan keinginan pribadi”. Dan ketika disinggung masalah passion malah berkata “ah apa itu passion, tidak perlu”. Apakah bapak itu tidak bisa yah bekerja sesuai dengan passion nya demi keluarga?

Tidak bisa or tidak mau? Apakah bapak itu harus terlihat sangar dan bekerja banting tulang layaknya mengangkat beban berpuluhan ton untuk menafkahi keluarga?

Atau apakah bapak itu tidak mau keluar dari pekerjaan banting tulangnya saat ini karena takut tidak mendapat uang?

Pantas saja banyak karyawan swasta, pengusaha, pegawai negeri sampai kakek2 yang sudah pensiun pun stress dimana-mana, karena toh memang mereka melakukan kegiatan sehari-hari bukan dilandasi oleh passion nya.

Berikut ini contoh-contoh nyata mengenai passion dari hasil perbincangan saya belakangan ini.

Ada seorang teman yang ketika ditanya apa passionnya, dia menjawab tidur dihari minggu. “Kan itu nikmat” ujarnya. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah itu bermakna?, jika BJ habibie hanya tidur 2 jam sehari. Apakah wajar jika manusia bisa tidur 12 jam lamanya dalam sehari?. Tentu saja kuantitas waktu 12 jam itu wajar jika kita dalam kondisi sakit dan wajar jika kita masih balita.

Contoh yang lainnya, ada teman saya yang menjawab passionnya adalah bermain game di internet. Memang itu kegiatan menyenangkan bukan?, apalagi jika bermain game petualangan yang bisa menghabiskan waktu 24 jam dalam sehari hanya untuk menamatkannya. Pertanyaannya, apakah itu bermakna bagi diri anda?, Apakah itu sekedar menghabiskan waktu karena tiada kegiatan lainnya?

Saya butuh jawaban anda yang bermakna seperti : anda bermain game agar tahu gimana cara membuat game yang bermanfaat dan berencana akan mengembangkan suatu game petualangan ttg indonesia agar para gamers bisa bermain sekaligus belajar kebudayaan bangsa.

Contoh lain dari passion teman saya yang lain adalah liburan kepantai. Tentu ini nikmat yah, apalagi berjemur di pasir putih sambil melihat gadis-gadis seksi or laki-laki macho mondar mandir didepan anda?. Atau anda hanya ingin menghitamkan badan sambil mendengar deru ombak lalu tertidur setelahnya.

Lalu pertanyaan adalah, apakah kegiatan itu bermakna?, apakah anda hanya ingin kabur sementara dari bos yang itu-itu saja atau keluar dari kepenatan hidup sehari-hari?.

Semua Jawaban anda diatas mempengaruhi tingkat meaning dan emotional anda. Dan lebih dasar lagi, ini mempengaruhi kualitas hidup, dimana banyak dari manusia yang menjalani hidup ini tanpa arti dan apa adanya. Anda bukan robot kan? yang membutuhkan energi berupa baterai yang mengandung listrik.

Dari sekian banyak contoh salah kaprah pengertian passion. Selanjutnya saya berikan dua contoh yang nyata mengenai 2 pria yang punya pengertian mengenai passion nya

Contoh pertama adalah pak anies baswedan, dosen yang satu ini memang sedari dulu punya passion dalam mengajar. Dan kini pun dia adalah rektor universitas paramadina. Karena dia tau, dia tidak bisa mengajar sendirian kesemua masyarakat indonesia, dia memprakarsai berdirinya organisasi indonesia mengajar, dimana pemuda pemudi terbaik indonesia menjadi guru SD yang siap ditempatkan dalam setahun diseluruh penjuru negeri, bahkan sampai kepulau-pulau terpencil. Agar seluruh anak-anak indonesia mendapat pendidikan yang adil dan merata.

Contoh lain adalah Ade Rai, binaragawan yang punya passion mengenai kesehatan. Membuka banyak cabang fitness dan juga punya merek suplemen kesehatan sendiri, dengan tujuan agar masyarakat indonesia menjalani hidup yang sehat.

Orang ini menjalani kegiatan sehari-hari sesuai dengan passion nya, mereka tidak perlu berlibur kepantai untuk menghindari kepenatan kerja sehari-hari, karena toh setiap hari mereka memang sudah menikmati hidupnya.

Anda, saya, dan lainnya. Segeralah bekerja sesuai dengan pleasure, meaning dan emotion yang anda punya. Mungkin saat ini anda sudah terjebak dalam rutinitas pekerjaan ataupun usaha anda.

Tapi apakah anda mau ini berlangsung selamanya?, apa artinya anda bekerja tidak sesuai dengan yang anda ingini lalu esok hari tiba-tiba anda mati?. Toh anda sudah tau hidup ini singkat sekali, Kenapa tidak melakukan yang anda sukai mulai hari ini. Dan sekali lagi, yang anda sukai alias passion tidak berupa kenikmatan saja, tetapi perlu anda kombinasikan dengan makna dan perasaan.

Siapkanlah target dan segera berubah. Jalani hidup sesuai dengan passion yang anda punya

7 comments:

Siti Kholifah said...

Nice :)
Izin share :)

Unknown said...

bener !!!

Unknown said...

Good artikel

Unknown said...

Good artikel

Rendriani said...

keren, izin share ya :)

Unknown said...

Silahkan saja di share ya

Hilyatul mustafidah said...
This comment has been removed by the author.