Tuesday, October 25, 2011

Day 25 : Menulis

"9 Hari Menulis Hobi"

Menulis

Menulis baru-baru ini dilakukan kembali olehku setelah berpindah kerja di Arab Saudi. Sebelumnya di tahun 2004 diriku sudah membuat blog pribadi, dan banyak posting hal-hal gak jelas ke blog tersebut (dunk2.blogspot.com). Waktu itu, jiwaku masih anak kuliahan, isi tulisannya hanya seputar kuliah, referensi buku hingga kisah cinta tak menentu.

Dari jaman Friendster hingga twitter, sebenarnya diriku juga sering menulis-nulis status dalam beberapa karakter. Tulisannya pendek-pendek, tidak seperti menulis di blog yang tulisannya bisa melebihi 140 karakter lebih. Kebanyakan tulisan-tulisan statusku itu isinya hanya curhatan pribadi loh, hohoho.. Seiring berjalannya waktu, dan bertambahnya usia, malu juga diriku melihat tulisan2 ketika masa muda dulu, dan malu juga apabila menulis didunia maya untuk hal yang tidak berguna. Belakangan ini sudah sadar, kalau facebook, blog dan twitter merupakan social media untuk menunjukkan 2 dari sekian banyak sifat buruk manusia, yaitu ego dan vanity (kesombongan). Malu juga saat ini melihat teman-teman dan orang lain yang usianya tidak lagi muda, tapi masih curhat-curhat gak berguna di social media. Mulai dari urusan rumah tangga, urusan hubungan atasan bawahan, hingga komentar-komentar tidak sedap mengenai artis maupun jalannya roda pemerintahan. It’s oke menurutku untuk anak-anak SMP, SMA or kuliahan utk curhat masalah pribadinya, dan pengen semua orang didunia mendengarnya. But untuk anda yang sudah bekerja dan berumah tangga, rasanya enggak lazim kalau mengumbar perkataan tidak senonoh di social media. Jikapun ada komentar ketidaksukaan kita akan sesuatu, bukankah bisa diutarakan dengan kata-kata yang sopan or anda diam. And bukannya mereka punya teman pribadi ataupun istri yang bisa diajak bicara ataupun diskusi secara langsung, daripada mengutarakan masalahnya di social media. Bagaimana jika salah satu dari orang yang melihat status anda tidak sependapat dengan anda?, Apa kata adik anda?, apa kata junior anda? Dan yang lebih mendalam lagi, apa kata Allah SWT?.

Sejak saya bekerja di Arab Saudi lalu saya pun bertekad utk tidak mengumbar curhatan2 pribadi lagi. Usiaku tidak lagi muda, dan mungkin sebentar lagi sudah tiada. Aku ingin mengeluarkan kata-kata positif, kata-kata bijaksana dan sekaligus menyebar kabar-kabar gembira bagi teman-teman lainnya. Saya berhasil mencari inspirasi seseorang yang sering menulis, dan bertemu sesosok Seno Gumira Ajidarma (lihat tulisanku hari ke-15 red) yang mengajarkan saya menulis dan memberi komentar dengan kata-kata yang berirama.

Saat ini menulis memberikan kepuasaan batin tersendiri buatku. Memang, tulisanku masih kalah jauh dibandingkan dengan para penulis-penulis handal Indonesia. Saya musti banyak belajar dan belajar terus. Mudah-mudahan tujuanku untuk konsisten menulis hal-hal yang baik di social media, bisa memberi inspirasi kepada orang lain untuk berbuat yang serupa.

2 comments:

Anonymous said...

Terinspirasi sekali dengan semangat menulismu, sampai-sampai saya pada akhirnya bikin blog.. Menyenangkan sekali rasanya ketika kita dapat menginspirasi orang lain. Semoga akan tiba waktunya saya bisa menjadi inspirasi juga.. terima kasih,,

Ananto Veryadesa said...

wuuuhuu.. selamat menulis yaa.. semoga trus konsisten menulis hal-hal yang baik di social media.. good luck...