Saturday, December 03, 2011

Day 3 : "Dua anak kelinci"

Day 3 “7 hari menulis dongeng”

2 Anak Kelinci

Ibu kelinci punya 2 anak gadis yang lucu-lucu. Satu bernama pinkan, dan satu lagi bernama mambo. Sejak kecil mereka di didik sama rata. Mulai dari pelajaran social hingga pelajaran berhitung.

Suatu hari ibu kelinci mempunyai uang yang sangat banyak. Ibu membagi sebagian kecil dari uang itu kepada kedua anaknya. Pesan ibu kelinci “gunakan uang dengan sebaik-baiknya”.

Pinkan dan Mambo awalnya bingung maksud pesan ibu. Pinkan berpikir uang itu sebaiknya digunakan untuk kegiatan sosial, karena teringat dengan kata kebaikan. Sebaliknya bagi mambo, uang itu digunakan untuk dirinya sendiri, karena dia teringat akan kata jadilah yang terbaik.

Pinkan memberikan sebagian uang itu untuk yayasan panti social, sisanya iya gunakan untuk membeli buku pelajaran. Sedangkan mambo membeli baju yang paling mahal ditoko baju, karena dia ingin baju yang terbaik untuk dirinya sendiri, dan tentunya baju yang paling mahal yang paling baik.

Beberapa hari kemudian, ibu menanyakan perihal uang itu digunakan untuk apa. Pinkan dan Mambo menjawab sesuai dengan apa yang mereka lakukan. Ibu bertanya lagi, “Jadi mana yang bagus diantara keduanya?”.

Keduanya geleng-geleng kepala. Ibu pun berujar, “keduanya sama-sama baik”. “Tapi pinkan mempunyai nilai lebih. Dia berbuat baik tidak hanya untuk dirinya tetapi juga untuk orang lain, dengan menyumbang sebagian uangnya untuk yayasan social. Sedangkan kamu mambo, kamu berbuat baik tapi hanya untuk diri sendiri.”

Mambo mengangguk-ngangguk tanda setuju, dan pinkan pun hanya tersenyum

Note : gambar kelinci diambil dari situs adnanpengumpulhikmah.blogspot.com

2 comments:

Anonymous said...

jadi Pinkan Mambo adalah artis yang suka membeli baju mahal tapi suka menyumbang sebagian penghasilan manggungnya (yg by the way menggunakan baju2 mahal itu) untuk charity! nice :D

Ananto Veryadesa said...

wuuuhuuu... itu mah pinkan mambo penyanyi, hohoho