Saturday, December 10, 2011

Day 10 : Lapar

Day 10 : "7 hari menulis kata-kata bijak"

Refleksi hari ini disadur dari hadist riwayat Al Ghozali yang di uraikan dengan bijak oleh KH. Zainuddin MZ

“Ilmu membuat hidup kita menjadi mudah, seni membuat hidup kita menjadi indah dan agama membuat hidup kita menjadi terarah”

Ceramah KH Zainuddin MZ terdengar dengan nikmatnya di waktu senja menuju magrib di pukul 17:30 diseluruh siaran televisi Indonesia didalam acara TV swasta yang berjudul “menunggu buka”. Kalimat yang dibuka dengan kata “ilmu…” oleh KH Zainuddin MZ seakan-akan mengisi berjuta-juta rasa lapar rohani yang mendera para umat muslim yang sedang puasa di hari pertama di bulan ramadhan 1427 hijriah, tahun romawi 2006.

Suara lapar hilang seketika begitu mendengar untain kata itu. Kyai Zainuddin MZ tidak perlu bersusah payah menampilkan ekspresi fisik yang berlebihan dengan raut muka dramatis dalam penyampaian ceramahnya. Hanya satu kata yang “sederhana” dalam penampilannya. Tetapi isi dari ceramahnya itu lah yang berbobot, berisi, dan mudah dicerna, sehingga mampu ditelan dengan lancar ke dalam rasa lapar rohani

Sang lapar itu senang mengejar manusia dikala sedang dititik minimum hidup mereka.

Ia bukan saja diperut yang melilit, dikerongkongan yang serak tidak bergurah dan semua perasaan lapar jasmani lainnya yang bisa diuraikan dalam kata.

Tetapi ia juga mendera rohani. Kosong nya hati, tidak tahu nya tujuan hidup, bahkan banyak manusia yang berjalan dimuka bumi itu sebenarnya mati. Hanya mencari label bermerek Gucci, LV untuk aksesoris jasmani agar terlihat menarik di muka bumi.

Lapar untuk sementara tidak terlihat lagi bagi manusia yang rohani nya mati.

Entah untuk berapa lama

No comments: