Sunday, December 11, 2011

Day 11 : Consistence

Day 11 : “7 hari menulis kata-kata bijak”

If you want to add value in your life, “consistence” is the key. There is no secret for it.

Konsistensi, itulah yang diperlukan apabila kita ingin meningkatkan kualitas hidup kita sebagai manusia. Banyak diantara kita yang sering berkata, “aku ingin menjadi pribadi yang lebih baik”, “aku ingin menjadi penulis handal”, “aku ingin menjadi manager di perusahaanku saat ini”, tapi mereka tidak konsisten dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Konsisten bisa di ukur dalam rentang waktu, konsisten itu menyatakan kegiatan yang dilakukan terus menerus dalam waktu tertentu. Tentunya rentang waktu ini, mungkin berbeda dari satu peneliti ke peneliti yang lain. Tapi untuk hal ini, saya selalu bersandar kepada praktek ibadah puasa yang dilakukan sebulan penuh oleh kaum muslim sejak jaman Rasulullah, kurang lebih selama 30 hari di bulan ramadhan.

Jika ingin menambah kebiasaan baik, entah itu bangun tepat waktu, menulis hal-hal positif, sholat tepat waktu. Ataupun menghilangkan kebiasaan buruk, seperti minum alkhohol, bangun kesiangan, dan lain sebagainya. Cobalah lakukan selama 30 hari secara konsisten. Rasakan lah perbedaaannya.

Jika setelah 30 hari itu anda belum merasakaan perbedaannya, berarti, anda belum benar-benar melakukannya dengan konsisten. Sebagaimana kita ketahui, tujuan dari ibadah puasa, adalah membentuk kepribadian yang islami di 11 bulan berikutnya, dan barang siapa yang menjalankan ibadah puasa itu dengan sebaik-baiknya, tentunya kita bisa melihat kepribadian islami yang tercermin dalam perilaku seseorang.

Mari, tambahkan kegiatan apapun yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas anda sebagai manusia, dan lakukanlah secara konsisten.

No comments: