Wednesday, December 14, 2011

Day 14 : Niat

Day 14 “7 hari menulis kata-kata bijak”

“Niatkan kegiatanmu dengan Bismillah, lalu akhiri dengan Alhamdulillah”

Hari-hari kita selalu diisi dengan segala macam aktifitas. Seperti sekolah dan bekerja. Ada yang sekolah untuk bertemu teman-temannya dan bekerja demi mendapatkan uang saja. Tapi seringkali kita lupa berniat untuk mendapat ridho dari Allah SWT.

Hal simple yang seharusnya kita jadikan kebiasaan baik setiap hari itu adalah mengucapkan Bismillah sebelum melakukan segala macam kegiatan sehari-hari. Kegiatan sehari-hari itu kalau di breakdown terdiri dari berbagai macam aktifitas, seperti naik kendaraan umum, makan siang, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Ucapan Bismillah mengingatkan kita, bahwa kegiatan yang akan kita lakukan itu adalah kegiatan yang diridhoi Ilahi. Sebagai penutup, setelah kita selesai melakukan kegiatan itu, bacalah Alhamdulillah, sebagai ungkapan terimakasih kepada Ilahi.

Dalam hadist riwayat Abu Daud dan Ibnu Shalah, Nabi Muhammad SAW berkata “Setiap urusan yang baik yang tidak diawali dengan Bismillahirohmannirrohim maka tidak akan mendapat barokah”.

In the end, mari lah kita menambah barokah atau ridho dari Allah SWT disetiap kegiatan kita sehari-hari dengan membaca Bismillah dan diakhiri dengan Alhamdulillah.

Note :

Bismillah dan Alhamdulillah adalah ayat suci, jadi gunakanlah dengan bijaksana. Terdapat di Alqur’an Surah ke 1, Al fatihah ayat (1) dan (2), berikut ini terjemahan ayat tersebut menurut Departemen Agama RI

Bismillahirohmannirrohim : “Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang”

Alhamdulillahirobbil ‘alamin : “Segala Puji Bagi Allah, Tuhan Semesta Alam”

No comments: